Surabaya – Kamis (10/01/2019) Program studi PGSD STKIP Al Hikmah Surabaya mengadakan kuliah umum bertemakan “Bersama Guru Inspiratif, Wujudkan Guru Pejuang Kompetitif”. Kuliah umum  yang bertempat di ruangan Arafah lantai 4 kampusmendatangkan pemateri langsung dari Sampang, Madura. Beliau merupakan salah satu guru yang telah mengambil program SM3T (Sarjana Mengajar Terluar, Terdepan dan Tertinggal) di Maluku Barat Daya (MBD), beliau adalah Ibu Romlah, S.Pd., Gr., M.Pd. Sepanjang kuliah umum berlangsung, pemateri ditemani langsung oleh moderator yaitu Ustazah. Lina Wijayanti, M.Pd. selaku ketua prodi PGSD. Kegiatan berlangsung kurang lebih selama 2 jam setengah yaitu dari pukul 09.00 sampai 11.30.

Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa perwakilan semua prodi. Materi yang dibawakan oleh Ibu Romlah sangatlah meriah dan penuh keceriaan. Pembawaan beliau terlihat selayaknya ketika mengajar anak sekolah dasar. Mulai dari berbagai pengalaman mengajar terutama ketika berada di MBD, video inspiratif, bagaimana peran guru saat ini, sampai quotes dari orang-orang berpengaruh di dunia pendidikan. Semua materi yang disampaikan Ibu Romlah dapat diambil kesimpulan bahwa materi tersebut bertujuan untuk memotivasi mahasiswa agar mampu melampaui perjuangan yang dilalui beliau demi mendapat gelar profesi gurunya.

Beliau menyampaikan bahwa beliau sangat senang sekali bisa berbagi pengalaman kepada mahasiswa STKIP Al Hikmah Surabaya. “Mahasiswanya penuh semangat, dosennya murah senyum, ngehits dan menginspirasi saya. Saya harap mahasiswa dan dosen “mampir” berbagi ilmu dan mengadakan program di sampang. Aamin, semoga STKIP Al Hikmah semakin jaya dan berprestasi”, Ungkap Ibu Romlah. Beliau terkesan dengan para mahasiswa STKIP Al Hikmah yang sangat antusias dan berkompeten ketika beliau berinterkasi selama kuliah umum. Selain itu, sistem dan program yang dijalankan di Al Hikmah agaknya memang menjadi salah satu hal yang menjadikan beliau kagum dengan Al Hikmah, hingga beliau sangat mengharapkan adanya kesinambungan hubungan antara beliau, sekolahnya, dan juga STKIP Al Hikmah. (sud-wij)

Leave a Comment